Selasa, 25 September 2018

Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Jaminan Masa Depan

Menyiapkan dana pendidikan bagi anak memang merupakan kewajiban bagi setiap orangtua. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih asuransi pendidikan. Namun, memilih asuransi pendidikan ternyata tak hanya asal pilih saja. Sebenarnya bagaimana sih cara memilih asuransi pendidikan yang bagus dan apa saja yang harus diperhatikan? Yuk simak.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Jaminan Masa Depan

Mengenali Produk Asuransi yang Dipilih dengan Detail
Secara garis besar produk asuransi pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu asuransi pendidikan unit link dan asuransi pendidikan murni. Untuk jenis asuransi pendidikan murni sendiri lebih dikenal dengan asuransi tradisional atau dwiguna. Di dalam asuransi ini terdapat asuransi pendidikan untuk anak dan lainnya sebagai jaminan sebagai target dana yang akan atau dapat dicairkan.

Sedangkan asuransi pendidikan unit link sendiri merupakan penggabungan antara investasi dan perlindungan asuransi. Sehingga jika orangtua meninggal, maka anak tidak hanya mendapatkan asuransi pendidikan saja namun juga hasil investasinya. Pada umumnya Anda akan direkomendasi untuk memilih asuransi unit link dengan premi yang murah dan keuntungan yang lebih banyak.

Jadi hal paling utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih asuransi pendidikan anak yang bagus adalah dengan mengetahui terlebih dahulu mengenai detail produk asuransi yang akan dipilih. Pastikan untuk memilih produk asuransi yang menguntungkan. Meski asuransi pendidikan unit link lebih menguntungkan namun jangka waktu angsurannya juga relatif lebih lama.

Pahami Kemungkinan Risiko yang Akan Diterima
Perlu untuk diingat bahwa Anda jangan mudah tergiur dengan para agen asuransi yang menawarkan berbagai produk asuransi pendidikan terbaik. Namun Anda juga harus memahami apa saja risiko yang akan diterima nantinya. Contohnya berapa lama kontrak yang harus dijalankan dan apa saja yang harus dilakukan jika ingin berhenti di tengah jalan dan lain sebagainya.

Jadi ketika sudah memilih produk asuransi dan menerima polis asuransi dari pihak jasa asuransi, pastikan Anda membaca setiap poin dengan detail dan jika ada hal yang mengganjal langgung tanyakan saja kepada agen asuransi. Jangan ragu untuk bertanya. Sebab pada umumnya jangka waktu asuransi pendidikan jauh lebih lama bahkan hingga lebih dari 5 tahun.

Ketahui Biaya Apa Saja yang Harus Dibayarkan
Selain mengetahui apa saja risiko yang aka diterima oleh para pemegang polis asuransi, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah ketahui biaya apa saja yang harus Anda bayarkan. Mulai dari biaya administrasi, biaya premi asuransi, denda keterlambatan pembayaran, hingga biaya untuk investasi yang ada di dalamnya. Pastikan Anda sudah mengetahuinya dengan pasti.

Membeli Jenis Asuransi Pendidikan Terbaik Sejak Anak Masih Berusia Dini
Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli asuransi pendidikan terbaik, pastikan lakukan sejak anak masih berusia dini. Pasalnya semakin bertambah usia anak maka premi yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Terlebih lagi jumlah premi yang harus dibayarkan tidak akan berubah selama masa kontrak yang tertera pada polis asuransi masih berlaku.

Ukur Kemampuan Finansial Anda
Setiap orang tua pastinya ingin memberikan asuransi pendidikan terbaik untuk anaknya. Meski begitu bukan berarti Anda harus mengindahkan kondisi keuangan keluarga. Untuk itu sebelum memutuskan membeli asuransi pendidikan terbaik, pastikan Anda melakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai berapa kisaran jumlah premi asuransi yang sanggup untuk Anda bayarkan.

Itulah beberapa cara memilih asuransi pendidikan yang bagus. Dengan memilih produk asuransi pendidikan yang bagus maka Anda dapat menjamin pendidikan anak hingga kuliah nantinya. Hal ini tentunya akan menjamin masa depan mereka. Bahkan Anda juga bisa mencari berbagai produk asuransi pendidikan terbaik hanya di prudential.co.id.